Apa benar sistem operasi Linux itu ringan? mari kita simak penjelasan kali ini tentang sistem operasi Linux lebih ringan daripada Windows.

Wadidaw pakai Linux lebih ringan

Pernahkah kalian mencoba keluar dari zona nyaman kalian? Yang saya maksud adalah mencoba mengoperasikan komputer dengan sistem operasi yang berbeda, yaitu LINUX.

Linux adalah sebuah sistem operasi yang bersifat Open Source atau bahasa kerennya gratis. Mendengar kata gratis sudah pasti orang indonesia banyak yang memakainya.  Untuk kalangan awam banyak yang mengangap bahwa sistem operasi Windows itu juga gratis, apa iya? Pada faktanya sistem operasi Windows tidaklah gratis, barang siapa yang ingin menggunakan Windows diwajibkan untuk mereka membayar kepada pemilik Windows yaitu Bill Gates. jadi bayangkan kalian semua yang sampai saat ini sudah pakai Windows tapi belum bayar? Berdosakah saat kalian mengoperasikannya? hehehe.

Kelebihan Linux daripada Windows

Saya pribadi sudah mengoperasikan Linux selama 4-5 tahunan, alasan saya selalu memakai Linux karena Linux itu RINGAN. Bayangkan saja, dirumah saya punya tiga notebook dengan spesifikasi intel pentium sampai Corei3. Saya coba bandingkan intel pentium meggunakan Linux Ubuntu 14 dan Core i3 menggunakan Windows7, dan hasil nya adalah saya lebih sering pakai notebook itu karena saya merasa lebih optimal, saat booting, saat membuka aplikasi dsb.

Baca Juga :   Yuk, Belajar Tentang Stunting!

Berikut adalah kelebihan Linux daripada Windows menurut wadidaw:

  1. Linux lebih bersih dari virus, hal ini sudah sering kita dengar. karena pada dasarnya, banyak virus beredar itu memiliki extensi, exe yang artinya execuatble hanya pada sistem operasi Windows saja. Maka dari itu mau tidak mau pengguna Windows wajib menginstall aplikasi Anti Virus.
  2. Linux bersifat open source, hal ini menjadi salah satu kelebihan yang sangat berarti. Karena dengan Linux, kita bisa melakukan kostumasi sistem operasi kita sendiri atau lebih kerennya Remastering Linux.
  3. Seiring banyaknya orang yang melakukan remastering Linux, semakin banyak juga jenis-jenis Linux yang ada. Tentunya kita bisa memilih Linux versi apa yang cocok untuk kita, misal sistem operasi yang berfokus untuk fotografi, untuk game dsb.
  4. Banyak digunakan oleh seorang yang profesional, semisal programmer, hacker dsb.
  5. Tidak terlalu susah dalam menginstall driver karena sifat nya sudah gratis maka kebanyak driver didalamnya juga gratis. Instalasinya bisa langsung dari online melalui repository yang sudah digunakan.

 

 

linux

Gambar diatas adalah sistem operasi Linux yang sedang saya pakai saat ini.

Migrasi dari Windows ke Linux

Bagi seseorang yang terbiasa menggunakan Windows, tentunya akan rumit apabila ingin melakukan migrasi ke sistem operasi Linux, terlebih lagi tidak farmiliar mengenai perintah dasar Linux. Sebelum mengenal linux saya pernah menggunakan WIndows, bahkan saya pernah menyalin game di Windows melalui desktopnya. Wadidaw hahahah…. Lalu kenapa saya akhirnya bisa pindah ke Linux sepenuhnya?

Jawabannya karena memang sudah tuntutan. Dulu laptop yang saya gunakan tidak memiliki spesifikasi yang begitu tinggi dan pada saat itu Windows update menjadi Windows 8. Setelah saya coba upgrade Windows7, saya ke Windows8, ternyata laptop saya tidak mau menayala dan cuma bisa buka BIOS saja.. wadidaw…. pada saat itulah saya coba memulai install Llinux. Distro Linux yang saya gunakan saat itu adalah Lubuntu. Namun saat proses instalasi saya memiliki masalah yaitu isi HDD yang dari Windows hilang semua. Semuanya bersih tanpa tersisa. Hal tersebut terjadi karena saya belum begitu paham tentang partsisi harddisk dan saat selesai install pun, HDD belum terpartisi. Alhasil 500GB jadi satu partisi di Linux.. haha sungguh wadidaw.

Hal itu terus saya biarkan, saya lebih nyaman menggunakan Linux yang tidak terpartisi, dan saat itu saya mulai belajar tentang perintah dasar Linux di terminal. Bagaimana cara menyalin file, menghapus file dan memindah directory. Kalau kalian sering mengeksplor sendiri, saya yakin kalian akan lebih banyak mendapat pengalaman daripada yang saya dapatkan ini. Dan jujur bukan niat mengejek tapi ketika saya mulai terbiasa pakai Linux saya semakin malas menggunakan Windows. Windows menurut saya jadi kurang powerfull apalagi berbicara mengenai hak akses dll.

Kabar Gembira Buat para pengguna Windows yang takut untuk migrasi ke Linux. Sekarang sudah banyak distro Linux yang menyerupai Windows, contoh nya Linux saya saati ini, Linuxmint Cinnamon 19.

Baca Juga :   Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik di Tahun 2020

Susahnya pakai Linux

Selama beribu-ribu tahun saya menggunakan Linux, masalah ini tetap selalu menghantui saya Wadidawww… Sebagai seorang pelajar, pakai full Linux itu bagus, tapi.. gak bagus-bagus amat. Karena kita akan mengalami kesusahan dalam membuat laporan, power point dsb. Karena pada sistem operasi Linux, aplikasi pengolah kata yang powerfull seperti Microsoft tidak ada 🙁 🙁 . Di Linux kita bisa pakai LibreOffice tapi tidak dapat dipungkiri format nya berbeda dengan micorsoft. walaupun pada jaman sekarang saya sudah bisa sedikit mengatasi nya dengan menggunakan google docs.

Masalah lain, bukan cuma di aplikasi pengolah kata, tapi pengolah gambar pun agak kesusahan.  Yaa.. Windows dengan product Microsoft nya, sudah membuat kita semua kecanduan untuk terus menggunakannya. ada juga selain Mircosoft yaitu Adobe 🙁 🙁 pokoknya kalian bakal ngerti sendirilah enak gak enaknya pakai Linux. Tapi semua masalah pasti ada jalan keluar kan? Pengguna Linux semakin banyak, jadi tidak ada salahnya kita memanfaatkan hal tersebut.

Laptop anda berat? Sudah saat nya anda mencoba Linux, saya jamin Linux adalah sistem operasi yang lebih ringan. Mohon maaf untuk review menggunakan MacOs saya tidak paham, karena belum pernah menggunakan macOs wkwkw. Untuk para pengguna Windows jangan tersinggung, saya disini tidak semata-mata ingin menghina Windows. Kalian berhak menentukan sistem operasi kalian sendiri.

Segitudulu ya artikel saya tentang ” Wadidaw, Pakai Linux Lebih Ringan “. semoga bermanfaat.