Tips Mengelola Keuangan Bagi Milenial – Bagi milenial memiliki strategi yang baik untuk mengelola keuangan sangatlah penting karena hal itu merupakan kunci utama dalam menggapai kesuksesan finansial.

Seperti yang kita ketahui, milenial merupakan generasi dengan tantangan konsumerisme yang besar. Tidak sedikit milenial yang masih kesulitan dan bahkan kacau dalam mengelola keuangan mereka. Jika keadaan tersebut terus menerus dibiarkan, maka akan jadi ancaman bagi masa depannya.

Berhasil atau tidaknya mengelola keuangan tergantung bagaimana diri kita sendiri. Bukan hal yang tidak mungkin untuk bisa memiliki kesuksesan finansial di usia dini. Untuk mencapainya, perlu adanya pelajaran mengenai pengelolaan keuangan dengan baik. Darimana pelajaran tersebut bisa didapatkan? Tentu saja banyak berbagai cara untuk mendapatkan informasi mengenai hal itu, salah satunya dengan belajar dari para ahlinya. Bukan financial advisor, tapi para Chief Executive Officer (CEO) yang telah berhasil merdeka finansial, salah satunya berkat cara kelola uang yang tepat.

Berikut ini beberapa tips mengelola keuangan menurut para CEO :

Chris O’Neill (CEO Platform Produktivitas Evernote)

BAYAR DIRIMU DULU

“Bayar diri Anda terlebi dahulu. Ambil 10 hingga 15 persen dari gaji Anda dan investasikan dalam portofolio untuk investasi pasif sebelum Anda membelanjakan apa pun. Dan jangan mencoba mengakali pasar.”

 

Zachariah Reitano (Co-founder dan CEO perusahaan kesehatan pria, Roman)

INVESTASIKAN APA YANG ANDA YAKINI

“Amazon dan Netflix membuatku lulus kuliah jadi aku akan mengatakan pada diriku sendiri untuk menginvestasikan semua uang yang membuatku nyaman kehilangan perusahaan atau teknologi yang kucintai.”

 

Rahul Gandhi (Co-founder dan CEO perusahaan solusi penyimpanan MakeSpace)

 KURANGI HAL-HAL KECIL 

“Meskipun perencanaan keuangan jangka panjang sangat penting, saya menemukan bahwa tempat terbaik untuk memulai adalah menemukan cara-cara kecil untuk meminimalkan pengeluaran setiap hari.”

Baca Juga :   Cara Menambah Tinggi Badan Usia 20 Tahun Keatas

“Batasi menggunakan taksi online dan naiklaH bila diperlukan. Penghematan biaya transportasi mungkin terlihat lebih mudah, tetapi pada akhirnya Anda akan menghabiskan lebih dari yang Anda sadari. Dan awasi kebiasaan bersantai di kedai kopi. Minuman seharga US$ 6 itu bertambah dengan cepat, jadi jika Anda bisa, nikmati kopi saja di kantor,” kata dia.

 

Katelyn Gleason (Pendiri dan CEO platform pembayaran healthcare, Eligible)

PRIORITASKAN PEMBAYARAN HUTANG

“Tidak sampai di usia 20-an, gaji hasil saya bekerja sebagai pelayan di New York City benar-benar dramatis dan uang itu dapat mempengaruhi lintasan karier saya. Saya menyadari bahwa sampai saya melunasi utang saya, kebutuhan akan terus membatasi pilihan karir saya saat ini dan masa depan. Jadi saya tertekuk dan memfokuskan semua energi saya untuk menabung sampai akhirnya saya bebas utang,” kata dia.

Joel Wallenstrom (CEO dan Presiden perusahaan perangkat lunak Wickr)

KURANGI UANG KARTU KREDIT

“Utang kartu kredit untung keadaan darurat saja. Dan liburan musim semi di Jamaika bukan keadaan darurat.”

Itu saja Tips Mengelola Keuangan Bagi Milenial. Semoga bisa membantu milenial untuk dijadikan cerminan agar bisa sukses mengelola keuangan dan merdeka finansial.