Junior Programmer Banner

Kerja Sebagai Junior Programmer – Programmer merupakan suatu pekerjaan yang bergerak di bidang IT.  Menjadi programmer dapat diartikan adalah seorang yang tidak buta dengan teknlogi, yap betul… Seorang programmer dituntut untuk harus membuat sebuah sistem dengan teknologi terbaru.

Banyak yang berpendapat bahwa menjadi programmer itu susah, tapi banyak juga yang berpendapat bahwa menjadi seorang programmer sangatlah mudah.

Menurut saya programmer dapat dibagi menjadi 3 tingkatan :

1. Junior Programmer

Tingkatan ini adalah beberapa orang yang sudah paham dengan konsep pemrograman, namun belum memiliki banyak pengalaman, kerjanya hanya mengikuti perintah atasan saja.

2. Intermediate Programmer

Programmer pada tingkat ini dapat tergolong menjadi seorang programmer yang sudah berpengalaman, dapat mengatasi bug dengan mudah dengan membaca dokumentasi yang ada, dan sudah paham dengan berbagai alur sistem yang ada, tanpa menunggu perintah atasan secara spesifik.

3. Senior Programmer

Pada tingkatan senior, kebanyakan programmer sudah tidak ngoding, karena pada fase ini seorang senior programmer sudah saatnya memiliki bawahan programmer lain, untuk membuat dan mengimplementasikan sistem yang di kerjakan.

Baca Juga :   Duduk Terlalu Lama Saat Bekerja Bahaya Loh Bagi Kesehatan

Bagaimana Rasanya Menjadi Seorang Programmer ?

Saya adalah seorang junior programmer, sampai saat ini saya terus berusaha untuk mempelajari hal-hal terbaru mengenai ilmu pemrogramman.

Tidak banyak bahasa pemrograman yang saya kuasai, karena saya hanya mempelajari apa yang menurut saya dibutuhkan. Saya lebih suka mengerjakan pekerjaan sendiri (solo programmer) dibanding dengan tim. Tentunya saya meiliki alasan tersendiri mengenai hal ini.

Saya mempelajari ilmu pemrograman selama 4 tahun dimulai sejak SMK, dimasa itu saya sangat senang sekali mempelajari bahasa pemrograman PHP.  Mulai dari native atau framework. Beranjak Kuliah PHP sudah sering saya kesampingan, karena saya mulai mengenal banyak bahasa pemrograman seperti javascript, java, c# dsb.

Semakin saya cinta ngoding disitu saya sadar, semakin saya mulai tidak mencintai diri sendiri. Saya sering begadang tiap malam, lupa waktu untuk makan dan juga jarang mandi. Hal ini berdampak buruk pada diri saya, sampai akhirnya saya nyatakan vakum sejenak untuk ngoding.

Saya vakum selama satu semester, yang saya lakukan hanya menonton anime, membaca buku dan bermain game, sembari mengatur waktu untuk merawat badan dengan olahraga. Setelah mencoba untuk ngoding kembali, saat itu saya sadar bahwa saya sudah ketinggalan jauh tentang perkembangan teknologi. Disaat vakum banyak bahasa pemrograman baru bermunculan, versi framework yang semakin tinggi dan banyak sistem saya tidak bekerja karena dianggap versi lama.

Di fase ini saya kembali merasakan gimana rasanya jadi orang bodoh yang harus belajar dari 0 tentang pemrograman yang baru, saya sering minder melihat teman-teman yang sudah terbiasa dengan pemrograman model baru kala itu.

Mulai Kerja Sebagai Junior Programmer

Baca Juga :   Cara Mudah Mengusir Rasa Galau yang Melanda

Sebelum lulus kuliah saya mulai mencoba untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang saya. Saya mencoba melamar di banyak tempat dan alhamdulillah hasil nya sangat memuaskan. Rata-rata dari berbagai tempat yang saya ajukan mereka mau menerima saya. dan pada akhirnya masuklah saya kedalam sebuah Software House dengan gaji pertama yang saya dapatkan adalah 1,4 juta rupiah. Takcukup disini selang beberapa hari kemudian sebuah perusahaan portal berita besar di Indonesia mau menerima saya. Akhirnya saya putuskan untuk resign di tempat pertama saya kerja tanpa menerima gaji.

Di perusahaan ini saya mulai mengenal habbit( kebiasaan) seorang programmer dalam bekerja. Sebagai junior programmer, disana, saya sangat minder karena rata-rata mereka sudah mulai berada di tingkatan intermediete sampai senior. jika dilihat dari umur saya masuk kategori sebagai pegawai paling muda. Di tempat ini saya mendapatkan gaji yang lumayan tinggi setidak nya di atas UMR.

junior programmer

Saya bekerja dan kuliah di siang dan malam hari, saya relakan waktu istirahat saya untuk bekerja, lalu sejenak hati saya berkata oh sh*t.. here we go again alhasil saya kembali lupa untuk merawat diri saya sendiri.

Sebelum genap satu bulan saya bekerja saya melakukan kesalahan fatal yaitu dengan mendrop semua database yang ada pada server tim saya. di saat itu saya merasa menjadi orang paling bodoh di dunia bahkan saya pun merasa tidak ada harapan lagi untuk saya. Untungnya di perusahaan telah melakukan backup sebelumnya, dan saya hanya mendapatkan peringatan. Ini menjadi suatu pelajaran berharga bagi saya.

Saran saya yaitu sebaik nya kalian ngoding di lokal dulu jangan tembak langsung di bagian production.. itu ngerii bangett broo…

Terimakasih, itu saja pengalaman saya. semoga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk terus menjadi seorang programmer yang handal.