1 of 3

programmer wanita pertama di dunia – Halo sobat programmer, penasaran kan siapa sih programmer wanita pertama di dunia itu? apa iya programmer pertama di dunia justru adalah seorang wanita? coba simak artikel berikut ini.

Programmer kerap sekali dikaitkan dengan sebuah pekerjaan khusus seorang lelaki, hal ini disebabkan karena pekerjaan programmer itu sendiri yang membutuhkan logika yang sangat tinggi. Para lelaki yang dominan sering menggunakan logika lebih cocok untuk menjadi seorang programmer. Hal ini bukan berarti wanita tidak bisa jadi programmer ya. justru pada faktanya dalam pengalaman saya sebagai programmer, setiap programmer wanita yang saya temui mereka jauh lebih teliti dan rapi.

Saya sudah membuktikannya sendiri, ketika saya bertemu dengan seorang wanita yang pandai dalam programming di saat itu saya minder. Wanita yang saya temui ini hebat sekali dalam memanajemen kode. Dia juga pandai meminimalisir kueri.

2 of 3

 

Walaupun sedikit jumlahnya, tapi hal ini patut di acungi jempol ya kawan-kawan, kalian semua harus mengerti, wanita itu lebih peka terhadap perasaan, tapi lemah dalam logika. Bayangkan jika wanita bisa kuat dalam logika dan perasaan. Bisa kalah nih kaum adam, oh ya kelemahan programmer wanita itu satu, mereka tidak kuat untuk begadang. Jadi setidaknya kita sebagai kamu laki-laki bisa sedikit lega.

Programmer Wanita pertama di dunia adalah

Seorang ahli matematika, lahir di Inggris pada 10 Desember 1815, Bernama “Ada Lovelace”. Iya dia adalah seorang programmer pertama di dunia. Ada merupakan putri dari seorang ibu bernama Annabella. Sejak kecil Annabella selalu melatih Ada untuk menggunakan otak kiri terus menerus. Wah gak kebayang ya. Tapi hal itu membuahkan hasil yang baik, pada umur 17 tahun guru Ada berkata bahwa Ada memiliki suatu yang spesial khusunya di bidang matematika.

Baca Juga :   Membuat Website Tanpa Coding, CMS Jawabannya

Karir Programmer Wanita Pertama di Dunia

Semenjak Ada bertemu dengan Charles Babbage, disitulah awal mula komputer dapat di program. Ada sangat tertarik kepada program yang sedang di kerjakan oleh Babbage yang membuat Charles Babbage terkesan akan kemampuan intelektual Ada dan bakat menulisnya. Sehingga lahirlah sebuah program komputer pertama didunia yaiut tentang “Analytical Engine“, yang di buat oleh Charles Babbage, dan Ada Lovelace. Ada memiliki peran banyak dalam pembuatan program ini.

3 of 3

Penghargaan Ada Lovelace

programmer wanita

Menurut wikipedia, seorang Ada yang memiliki kemampuan intelektual tinggi memperoleh banyak penghargaan, Berikut adalah penghargaan yang diperoleh oleh Ada Lovecale :

1. Bahasa pemrograman dengan nama “Ada” yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika.

2. Medali bernama “Ada” dari sebuah kompetisi pemrograman oleh wanita.

3. “Ada Lovelace Day” pada setiap pertengahan Oktober untuk mengenang kemampuan seorang wanita dalam ilmu teknologi, teknik, matematika.

Kematian Ada Lovelace

Ada meninggal pada usia 36 tahun, sosok wanita yang sangat dikenang dalam dunia teknologi itu meninggal akibat kanker dan pendaharan yang dideritanya. 36 tahun merupakan usia muda bahkan masih tergolong usia produktif. pada tanggal 27 November 1852 dunia harus kehilangan seorang wanita yang sangat pandai. Seorang Ada wajib dikenang atas kehebatan dan jasa-jasanya.