Mandi Setelah Makan Bahaya Tidak sedikit orang memilih untuk langsung mandi setelah makan. Hal tersebut dilakukan dengan berbagai alasan. Mulai dari tidak memiliki waktu yang cukup atau dalam kondisi tergesa-gesa, berfikir untuk melakukan hal yang lebih efektif. Dengan sikat gigi pada saat mandi ketika selesai makan, dan juga berbagai alasan lainnya.

Walaupun mandi dan makan sama-sama pentingnya untuk kesehatan kita. Kebanyakan orang mungkin masih belum menemukan jawabannya mengapa hal mandi setelah makan dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Mengingat makan dan mandi adalah dua aktivitas yang berbeda dan tidak saling berhubungan.

Banyak orang bilang hal ini mitos, tapi juga ada yang bilang hal ini fakta. mulai dari segala usia dari bayi sampai dewasa pun sebaiknya setelah makan jangan melakukan aktifitas seperti mandi atau tidur. Banyak yang bertanya apakah hal ini bisa bikin gemuk? yuk simak penjelasannya.

Ulasan Fakta Mandi Berbahaya Setelah Makan

Seperti yang kita ketahui, mandi adalah aktivitas yang bertujuan untuk membersihkan badan kita dari berbagai kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan dan rasa tidak nyaman. Jika kita tidak melakukan aktivitas ini, apalagi setelah melakukan kegiatan di tempat yang kotor dan mengeluarkan keringat. Tentunya akan timbul rasa tidak nyaman dan tidak karuan serta bisa menggangu tidur nyenyak kita.

Sedangkan makan merupakan aktivitas yang kita lakukan untuk membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan demi menjaga fungsi tubuh dan menyediakan energi yang dibutuhkan setiap hari.

Baca Juga :   Cara Menambah Tinggi Badan Usia 20 Tahun Keatas

Makanan yang kita makan akan masuk ke saluran cerna. Sedangkan mandi hanya membersihkan kulit tubuh dari kotoran dan membuat kita merasa lebih segar. Melihat fakta tersebut, lantas apa yang membuat langsung mandi dapat berbahaya bagi kesehatan apalagi saat selesai makan? Jawabanya ialah ternyata mandi setelah makan dapat menyebabkan vasodilatasi. Vasodilatasi adalah pembesaaran pembuluh darah yang nantinya akan mempengaruhi aliran darah. Hal ini bisa terjadi karena saat setelah makan suhu tubuh kita bertambah, ini terbukti dengan biasanya setelah makan kita mengeluarkan keringat. Kemudian jika langsung mandi, maka suhu tubuh akan menurun secara signifikan,  sehingga dapat memberikan efek kejut pada permukaan tubuh.

Dilansir di Liputan 6 dari Cure Joy, Minggu (11/6/2017) menurut Janardhana Hebbar, dokter asal India ini menjelaskan aliran darah yang lebih banyak saat mandi bisa juga menghambat aliran darah ke otak dan menyebabkan individu pingsan. “Jadi, sebaiknya jangan langsung mandi setelah makan. Tunggu setidaknya satu jam atau setengah jam setelah Anda makan,” kata Dr Hebbar.

Untuk itu alangkah baiknya kita menunggu setidaknya satu hingga setengah jam setelah makan kemudian mulailah untuk membersihkan diri. Aktivitas lainnya seperti langsung tidur, dan merokok juga sebaiknya tidak kita lakukan karena bisa saja menyebabkan gejala seperti asam lambung naik dan gangguan pencernaan lainnya.