1 of 2

Cara Mudah Mengusir Rasa Galau

Cara Mudah Mengusir Rasa Galau – Kalian pasti pernah mengalami keadaan atau kondisi dimana pikiran atau perasaan kalian kacau dan tidak karuan kan? dan hal itu sering membuat diri kita lupa akan segalanya? Yap, pada saat ini hal tersebut lebih dikenal dengan sebutan Galau.

Galau tidak hanya semata-mata soal cinta, ada banyak penyebab galau. Misalnya galau karena banyak tugas, galau karena tidak punya uang, atau galau karena tidak bisa mencapai apa yang diinginkan, dan pastinya masih banyak penyebab-penyebab lainnya. Setiap individu pasti memiliki penyebab atau alasan masing-masing mengapa mereka merasakannya, satu individu akan berbeda dengan individu yang lain. Galau juga tidak hanya dialami oleh anak muda, namun juga dapat dialami oleh orang tua  yang menjadi perbedaan adalah mental, pengalaman dan cara menyikapi suatu permasalahan.

Saat berada di fase kegalauan, melakukan hal apapun jadi tidak bersemangat. Hal-hal yang harusnya dilakukan, malah menjadi terbengkalai karena pikiran atau perasaan kita tidak dalam kondisi yang baik. Bahkan untuk makan saja jadi tidak ada selera apalagi melakukan hal-hal lainnya. Kalau sudah begini, maka yang rugi adalah diri kita sendiri. Kegalauan haruslah segera diatasi. Bisakah kita melewati fase kegalauan? Pasti bisa! Tergantung bagaimana cara kita menghadapi kegalauan tersebut.

Begini cara mudah mengusir rasa galau kita :

Baca Juga :   Alasan Kerja Sebagai Junior Programmer

1)   Jangan Menyalahkan Diri Kita Sendiri

Saat kita merasakan galau, maka akan menyesali segala hal yang telah kita lakukan yang mana hal tersebut menghasilkan keadaan yang tidak baik atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapakan, sehingga kita pasti akan merasa kecawa dan menyalahkan diri sendiri untuk hal itu. Dengan begitu, kita tidak akan pulih dari perasaan galau jika masih terus-terusan menyalahkan diri sendiri. Sebaiknya, kita harus bisa menerima apapun hasil dari hal-hal yang telah kita lakukan. Cobalah apresiasi diri kita sendiri, bahwa yang telah kita lakukan adalah hal yang baik. Kuncinya adalah kita harus ikhlas dengan segala hal yang berjalan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

 

2 of 2

 

2)   Berbagi Cerita Pada Teman atau Keluarga

Kita bisa berbagi cerita pada teman ataupun keluarga untuk mengurangi kegalauan. Hal ini sangat ampuh loh untuk menghilangknnya, karena dengan begitu kita sedikit-sedikit mulai membagi dan membuat permasalahan di hati kita menjadi memudar. Kita juga pasti akan jauh lebih lega setelahnya, dan kita akan merasakan ternyata keluarga ataupun teman kita selalu ada di sisi kita, walaupun kita dalam kondisi sedih atau galau seperti ini.

3)   Melakukan Hobi yang Kita Sukai

Dengan hobi yang kita miliki, kita bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan perasaan galau. Ketika melakukan apa yang kita sukai, kita akan lupa segala masalah yang ada. Misalnya kita suka shopping, kita bisa melakukan hal tersebut untuk menyalurkan perasaan galau dan sedih kita, dengan begitu sedikit-sedikit akan terobati, hilang, dan tidak akan lagi merasa galau setelahnya.

4)   Tidak Mengingat Penyebabnya

Jangan mengingat-ingat hal apa yang sudah membuat kita galau. Karena dengan mengintanya maka kita akan semakin galau, dan tidak akan pernah bisa menghilangkan kegalauan kita. Sebaiknya biarkan itu terjadi, let it flow. Ambil pelajarannya dan buang hal negatif yang berdampak pada kita.

5)   Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Ketika merasa sedih atau galau, cobalah untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Mungkin saja cobaan tersebut datang karena sebelumnya kita berada jauh dari Tuhan. Dengan adanya ujian ini, kita bisa meminta pertolongan-Nya untuk menyelesaikan masalah kita, meminta agar kita selalu diberikan kekuatan agar selalu bisa tegar dalam menghadapi segala cobaan yang diberikan.

Sekian tentang cara mengusir atau menghilangkan kegalauan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 🙂