1 of 5

Wadidaw.co.id

Cara Menambah Tinggi Badan, Memiliki tinggi badan yang ideal bisa membuat seseorang menjadi menarik dan lebih percaya diri. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hal tersebut sudah menjadi dambaan semua orang. Namun, sayangnya tidak semua orang memiliki tinggi badan yang ideal. Umumnya, tinggi badan manusia bertambah pesat pada masa puber sekitar usia 15-19 tahun dan berhenti di penghujungnya. Memasuki usia 20 tahun keatas, cara menambah tinggi badan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Dalam artian, sulit untuk dilakukan, bukan berarti menjadi hal yang mustahil bukan?

Sebelum memiliki keinginan cara menambah tinggi badan, perlu kamu ketahui tinggi badan manusia dipengaruhi oleh banyak faktor. Yang pertama adalah faktor genetik atau keturunan, lihatlah tinggi badan ayah dan ibu masing-masing. Jika keduanya memiliki tinggi badan yang ideal, sangat besar kemungkinanya kamu akan memiliki tinggi badan yang ideal juga. Sebaliknya jika hanya salah satu pihak saja yang tinggi sementara satunya pendek, perawakanmu akan ditentukan oleh gen mana yang lebih kuat. Intinya kamu bisa saja punya tinggi badan mengikuti ayah/ibu yang tinggi, atau rata-rata karena campuran genetik warisan ayah dan ibu sama-sama kuat, atau pendek karena mewarisi gen badan kecil dari salah satu orangtuamu. Yang kedua adalah faktor Nutrisi atau gizi, ini berkaitan dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari, dan yang ketiga adalah faktor aktivitas. Aktivitas yang berhubungan dengan penambahan tinggi badan adalah olahraga

Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi tinggi badan, kita tidak akan lagi ragu jika penambahan tinggi badan di usia 20 tahun keatas adalah bukanlah suatu hal yang mustahil. Selagi ada usaha dan kemauan yang kuat, menambah tinggi badan ketika memasuki usia 20 tahun keatas bisa dilakukan.

2 of 5

Berikut adalah cara menambah tinggi badan pada usia 20 tahun keatas :

Makan Makanan Bergizi Seimbang

Cara menambah tinggi badan yang pertama adalah dengan memakan makanan yang bergizi seimbang, akan sangat  membantu untuk menambah tinggi badan di usia 20 tahun ke atas. Lantas, makanan yang bergizi seimbang itu makanan  yang seperti apa? Makanan yang bergizi seimbang adalah makanan mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Kemudian, Kamu harus makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah).

3 of 5

Berolahraga Secara Teratur

lompat tali

Perbanyak aktivitas yang dapat menambah tinggi badan, yakni dengan berolahraga. Terutama olahraga yang merangsang tulang untuk tumbuh lebih panjang dan yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lompat tali, joging, basket, badminton, renang, atau olahraga yang sejenis. Dengan melakukan olahraga ini, tulang akan dirangsang untuk tumbuh lebih panjang. Selain melakukan olahraga seperti yang sudah disebutkan diatas, kamu juga bisa melakukan hanging, kicking, dan biking. Hanging merupakan latihan bergantung dengan kedua tangan. Dengan gerakan ini bisa merangsang pemanjangan tulang-tulang di punggung. Kicking yaitu gerakan menendang-nendangkan kaki, agar dapat merangsang pertumbuhan tulang kaki agar memanjang secara optimal. Biking merupakan aktivitas bersepeda, aktivitas ini juga dapat merangsang pertambahan panjang kaki.

Baca Juga :   Duduk Terlalu Lama Saat Bekerja Bahaya Loh Bagi Kesehatan
4 of 5

Istirahat yang Cukup

Anjuran untuk tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya untuk orang berusia 20 tahun keatas. Dengan tidur yang cukup, ternyata bisa membantu untuk menambah tinggi badan, wadidaw…. Hanya karena tidur dengan cukup saja bisa ampuh serta aman menambah tinggi badan kamu loh. Kok bisa? Tentu saja, selama tidur malam, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Selain itu juga dapat membuat tubuh kamu menjadi sangat berstamina dan mengembalikan energi yang loyo. Nah untuk itu, usahakanlah untuk istirahat dengan cukup.

5 of 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara Menambah Tinggi Badan dengan Perbanyak Minum Air putih

Wadidaw, taukah kamu apa kegunaan air putih? Tentunya banyak sekali seperti yang kita ketauhi, salah satu gunanya air putih ialah untuk membantu menambah tinggi badan. Hal ini bisa terjadi karena air putih menjadi zat pembawa nutrisi yang kemudian disebarkan keseluruh tubuh, yang mana nutrisi tersebut digunakan untuk pertumbuhan tinggi badan. Bukan hanya tinggi badan saja yang akan bertambah, namun dapat menyehatkan tubuh. Oleh karena itu perbanyaklah minum air putih.

Cobalah lakukan hal-hal diatas secara rutin dan benar, jangan memiliki fikiran bahwa cara menambah tinggi badan di usia 20 tahun keatas adalah hal yang mustahil karena semua bisa dilakukan selagi ada usaha dan kemauan yang kuat. Jika ada cara yang sehat dan alami jangan mencoba cara yang tidak sehat demi menginginkan hasil yang cepat. Bersabarlah dan nikmati prosesnya. Semoga bermanfaat 🙂