Passive Income untuk mahasiswa. Pendapatan pasif adalah sebuah pendapatan pasif yang diperoleh secara terus menerus tanpa perlu seorang tersebut selalu aktif dalam pekerjaannya. Passive income adalah suatu pendapatan yang memang didambakan oleh banyak orang. Pasalnya dengan memiliki passive income seseorang bisa lebih mudah mengatur waktunya. Bukan dalam hal waktu saja, passive income juga bisa dijadikan sebagai pendapatan utama apabila itu memperoleh jumlah yang besar.

passive income memang tidak tentu pendapatannya bisa bulanan ataupun harian, pasif income yang memang ramai itu dari reksadana tapi tidak saya sarankan untuk mahasiswa, intinya passive income itu bisa darimana saja yang penting halal.

Apa Perbedaan Passive Income dan Active Income?

Passive income adalah sebuah pendapatan yang tidak menentu, seseorang yang memperoleh passive income dengan jumlah yang besar, Pasti akan memiliki banyak waktu untuk keluarga. Berbeda dengan seseorang yang memperoleh pendapatan melalui Active Income. Walaupun active income ini dapat di tentukan hasil nya, namun kita harus menjual waktu dan banyak tenaga untuk memperoleh nya.

Berikut adalah perbedaan active dan passive income :

1. Active income jelas nominal nya, sedangkan passive income tidak menentu.

2. Active income diperoleh dengan bekerja tiap waktu, sedangkan passive income diperoleh dengan mengerjakan sesuatu sekali saja.

3. Active income dapat dijadikan biaya hidup sehari-hari, passive income dapat dijadikan sebagai tabungan masa depan.

4. Active income nominal pendapatan diatur oleh kantor, passive income nominal pendapatan dapat diatur oleh diri sendiri.

Memperoleh Active dan Passive Income

Meskipun sebagai contoh kita sudah memperoleh active income, tapi bukan berarti para pekerja kantoran/pegawai, mahasiswa dan yang lainnya tidak bisa bisa memperoleh passive income. Passive income dapat dimiliki oleh semua orang, bahkan disegala usia bisa memperoleh passive income. Lalu apa saja sih contoh nya passive income itu sendiri khususnya untuk para mahasiswa, lumayan sehingga bisa mengurangi beban orang tua.

Baca Juga :   Wadidaw, Pakai Linux Lebih Ringan

Contoh Passive Income Yang Cocok Untuk Mahasiswa

  1. Membuat Aplikasi yang Dapat digunakan Terus Menerus
    Untuk para mahasiswa khususnya yang kuliah di jurusan Komputer, dengan memanfaatkan segenap kemampuan dalam membuat aplikasi kalian bisa mendapatkan sebuah passive income yang fantastis loh. Tapi dengan syarat aplikasi yang kalian buat harus menggunakan konsep resuable dalam artian tidak statis hanya untuk 1/2 client saja.Masih bingung? seperti ini contoh nya, saat kalian membuat aplikasi seperti Toko Online sebaiknya kalian menerapkan sistem sewa, daripada menggunakan sistem sekali bayar.Sistem sewa yang saya maksud adalah jadi ketika ada seorang client ingin dibuatkan website Toko Online, kalian bisa menerapkan nya menggunakan aplikasi telah kalian buat namun tidak perlu membagikan source code nya. Jadi yang mereka bayar hanya layanan toko online nya, dengan begitu sebanyak apapun client nya kaliat tidak perlu melakukan programming lagi sebanyak permintaan klien tersebut.
  2. Menulis Blog
    Untuk mahasiswa yang gemar menullis, kalian dapat memanfaatkan fasilitas blog untuk menyalurkan hobi kalian, ketika tulisan yang merupakan hobi kalian itu disukai banyak orang, di saat itulah kalian bisa memperoleh keuntungan setiap harinya, semisal bisa dari Adsense.
  3. Menjual Desain
    Cara yang satu ini cocok dilakukan untuk mahasiswa yang gemar mendesain / menggambar, hasil kegemaran kalian bisa kalian posting di beberapa situs penjual desain, disana kalian bisa menentukan harga menurut kalian masing-masing yang sesuai dengan desain kalian.
  4. Membuat Channel Youtube
    Yang satu ini menarik untuk dibahas, pasal nya untuk para mahasiswa yang gemar bersosialisasi, Platform youtube adalah tempat penghasil passive Income yang sangat baik. Bahkan ketika kalian sudah mulai membuat video dengan serius, platform ini bisa kalian jadikan sebagai tempat active income kalian.
  5. Membuat Video Streaming Game
    Untuk mahasiswa yang gemar bermain game, banyak loh platform yang sudah menyediakan fasilitas agar kalian bisa streaming sambil main game. Contohnya twitch, gak perlu jago atau menjadi profesional, kalian juga bisa membagikan tips dan pengalaman kalian saat bermian game.
  6. Menabung Emas
    Menurut saya menabung emas itu adalah sebuah passive income terbaik bagi mahasiswa. Walaupun saya sudah menjelaskan di artikel sebelumnya bahwa jangan mengharapkan hasil dari menabung  emas. Tapi setidak nya kalian semua bisa menjaga asset.  Agar tidak ikut-ikutan berinflasi seperti nilai mata uang yang tiap tahunnya menurun.
Baca Juga :   Perintah Dasar Linux yang Harus Kalian Ketahui by Wadidaw