1 of 3

wadidaw.co.id – 5 Cara menghilangkan bekas jerawat dalam semalam

Memiliki jerawat yang kemudin meninggalkan bekas yang tak kunjung hilang adalah hal yang menyebalkan bukan? masalah ini sering dialami oleh setiap orang, baik wanita maupun pria khususnya remaja. Meskipun hal ini bukan termasuk masalah besar tetapi bekas jerawat bisa menjadi masalah yang cukup meresahkan. Karena dapat mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri.

Bekas jerawat dapat terbagi menjadi 3 kategori, yang pertama adalah Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). PIH sendiri merupakan jenis bekas jerawat berupa noda kecokelatan atau kehitaman yang disebabkan oleh melanin. Melanin merupakan zat pigmen tubuh pada manusia. Yang kedua adalah Post Inflammatory Erythema (PIE) adalah bekas jerawat kemerahan yang disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar. Yang terakhir yakni Atrophic Scars, yang mana bekas jerawat berupa lekukan atau ‘bolong’ pada kulit.

Untuk kamu yang mengalami masalah ini jangan khawatir dan stress. Simak apa saja bahan alami dan cara-cara berikut untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam semalam, yang pastinya mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal.

 

1. Lidah buaya

Kandungan aloin didalamnya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat loh. Apa itu aloin? Aloin adalah senyawa yang dapat mencerahkan area kulit yang gelap, senyawa ini terdapat pada gel lidah buaya sehingga tak mengherankan jika lidah buaya diklaim mampu memudarkan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, lidah buaya juga punya kemampuan untuk menenangkan dan melembutkan tekstur kulit. Lalu Bagaimana pengaplikasianya? Pertama-tama ambil daun lidah buaya baru dan tekan untuk mengeluarkan gelnya. Kemudian oleskan gel tersebut pada bagian bekas jerawat. Ulangi proses dua kali sehari setidaknya selama seminggu untuk menghilangkan bekas jerawat.

2 of 3

 

2. Kentang

Kentang yang bisa dijadikan pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak, siapa sangka ternyata mampu untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena  Kentang mengandung vitamin dan mineral, tak heran jika kentang sangat membantu dalam menghilangkan jerawat, mencerahkan dan menghaluskan kulit. Caranya iallah pertama-tama iris kentang tips-tipis kemudian tempelkan pada area beas jerawat, biarkan selama 10 menit, lalu cuci wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Baca Juga :   Manfaat Air Mawar yang Luar Biasa untuk Kecantikan

3. Bawang Merah

Antimicrobial yang terdapat di bawang merah berkhasiat untuk melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dengan menggunakan bawang merah pun sangat mudah untuk dilakukan. Pertama parut bawang merang menjadi halus, kemudia oleskan ke bagian jerawat dan bekasnya, tunggu selama 5 menit. Langkah terakhir ialah bilaslah wajah dengan air bersih.

4. Baking Soda

Baking soda mengandung kristal sodium bicarbonate berfungsi sebagai pengelupas sel kulit mati sehingga mampu membantu mengurangi bekas jerawat. Kamu disarankan agar segera mengaplikasikan pelembap wajah setelah melakukan perawatan dengan baking soda agar kulit tidak menjadi kering. Caranya siapkan beberapa sendok teh baking soda dan air secukupnya, lalu campurkan hingga mengental dan membentuk pasta. Oleskan pada area bekas jerawat dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian basuh dengan air hangat sampai bersih.

3 of 3

 

5. Madu

kamu bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Yap, dengan menggunakan madu. Kandungan alami dalam madu seperti antibiotik mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya. Untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan madu caranya adalah pertama kamu harus membersihkan dan membilas wajah dan diamkan selama 30 menit, hal ini dilakukan untuk membuka pori-pori wajah. Langkah selanjutnya ialah siapkan madu murni kemudian oleskan pada bekas jerawat, biarkan hingga madu mengering dan bilas serta bersihkan dengan air hangat agar pori-pori wajah kembali menutup.

Lakukan perawatan dengan rutin agar bekas jerawat segera hilang. Ternyata menghilangkan bekas jerawat secara alami tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Slamat mencoba 🙂